Selasa, 10 Januari 2012

INSTALASI HARDISK INTERNAL UNTUK PLAYSATION 2

INSTALASI HARDISK INTERNAL UNTUK PLAYSATION 2


Banyaknya orang yang masih binggung bagaimana cara memodifikasi playstation 2 Hardisk, memotivasi saya untu merekap ulang postingan terdahulu mengenai Playstation 2 hardisk internal (yang pakai NA). Perlu diingat kembali bahwa ada dua jenis pemasangan hardisk pada Playstation 2, yang pertama dengan menggunakan hardisk Internal (NA) dan yang kedua dengan menggunakan hardisk Eksternal. Jangan sampai and a salah pengertian karena dua hal ini tujuannya sama, supaya bias memainkan game-game Ps2 yang sudah tersimpan di dalam hardisk jadi tidak memerlukan optic lagi. Akan tetapi dua hal ini secara software sangat berbeda, artinya software Internal tidak akan bias di terapkan untuk yang Eksternal, dan begitu juga sebaliknya. Dua software yang tidak akan saling mendeteksi.
Jadi kalau anda membaca artikel ini, lupakan postingan dengan tanggal lebih lama. Karena postingan ini telah disusun ulang secara berurutan, tapi sebagian dari Linknya masih menggunakan Link lama. Sebelum download perhatikan nama file dalam link siapa tahu pernah anda download.
Ok….sesuai judulnya kita akan membahas Playstation 2 dengan Hardisk Internal ( dengan koneksi NA ataupun HDCombo). Ada beberapa tahap yang harus dilaluhi dan akan kita bahas dan susun secara berurutan supaya lebih mudah mengerjakanya buat yang masih pemula/awam.
  1. Siapkam materinya : Konsul Ps2, Hdd yang IDE, Network Adaptor (NA).
  2. Pastikan IC upgrade / Mochip sudah MATRIX atau sejenisnya ( yang support untuk boot dari MMC dan Hdd) untuk yang sudah gak ada Optiknya.
  3. Saran saya pagi pemula jangan mengganti IC mochip jangan dilakukan sendiri, serahkan pada bengkel kepercayaan anda, harga plus pasang maksimal Rp.150.000,-
  4. Untuk yang masih punya optic dan gak ingin upgrade mochip MATRIX bias menggunakan CD BOOT. Saran saya jual / tukar optic anda dengan Mochip MATRIX, siapa tahu malah dapat uang lebih.
  5. Sekarang kita coba siapkan untuk menginstall file boot kedalam hardisk. Download softwarenya disini dan cara bikinya disini .Untuk File Browsernya disini. Yang tidak pakai optic kita akan gunakan media MMC dan yang masih pakai optic kita gunakan media CD.
  6. Untuk yang pake Optik dan IC Mochip bukan MATRIX, CD boot ini harus selalu dipasang di cd traynya . Maka pertama kali dinyalakan cd boot akan memformat hardisk setelah diformat maka baru bisa diisi game.dan jika ingin ganti game tinggal di resert. Loncati langkah ke 7.
  7. Untuk yang sudah tidak pake Optik dan IC Mochip harus MATRIX, Sekarang siapkan Hardisk anda untuk di format dan selanjutnya di install file bootnya supaya hardisk bias dideteksi oleh mesin Ps2 anda, pasang haridk di NA / HDCombo selanjutnya pasangkan kedalam Mesin Ps2 di slotnya dibagian belakang. Untuk yang pakai Optik pasang Cd boot kemudian resert Ps2, ikuti perintah dengan menekan x maka hardisk akan di format, setelah format selesai maka selanjutnya akan menginstall file boot ke hardisk. Dan untuk yang sudah tidak ada optic pasang MMC di Slot 1 kemudian resert Ps2 anda dan tahan R1 sampai tulisan MATRIX dilayar TV anda hilang selanjutnya MMB Boot akan memformat dan menginstall file boot ke hardisk. Ingat dalam point ini hanya akan muncul logo Splash dan Menu, sementara judul game belum ada karena belum install game.
  8. Install Game kedalam Hardisk, lepas kembali hardisk dari mesin Ps2 dan dari NAnya. Pasangkan ke computer. Bisa dengan memasang langsung di kabel IDE atau dengan koneksi kabel USB TO IDE. Kemudian install game dengan software khusus. Download software disini dan cara penginstallan game disini.
  9. Setelah selesai mnginstall game pasang kembali Hdd ke dalam NA danMesin Ps2. Sekarang Ps2 anda sudah bisa dimainkan dengan data game yang tersimpan di Hardisk.
Demikian langkah dasar cara memodifikasi Ps2 hardisk, terlihat sangat mudah dan sederhana. Bukan.
Dan buat anda yang ingin lebih berkreasi, masih banyak yang bisa anda lakukan.
  1. Mengganti Logo / gambar bahkan anda bias memasukan Phota anda sebagai pengganti logo atau memasukan alamat dan nama rental anda untuk promosi. Download software disini dan tutorialnya disini.
  2. Mengatasi File boot yang rusak / blank atau bahkan Cuma keluar warna merah saat ps dinyalakan. Lakukan dengan mengganti file boot yang ada di hardisk, download software disini dan contoh gambar skin disini tutorialnya disini.
  3. Sotware memformat MMC disini
  4. Codebreaker download disini dan Tuturial penggunaanya disini
  5. Yang ingin belajar file Browser download software disini dan tutorialnya disini

Selamat mencoba.....smoga membantu.....

5 komentar:

  1. admin nya aja munkin kagak tau apa pasword nya sampai ada yang tanya pas nya aja kagak aga yang dijawab

    BalasHapus
  2. penjelasannya bikin pening gan, aturan buat masang Harddisk Internal bongkar PS2nya pasangnya gimana, ini kok malah blusuk2 ke install game juga, kalo nginstall game semua dah tau pake USBUtil v2 tu

    BalasHapus
  3. INI ADMIN GAK IKHLAS KASIH FILE NYA SEMUA DI PASSWORD DAN MINTA DANA RP.100,000,..HEMM SEMOGA CEPAT SADAR

    BalasHapus