Rabu, 11 Januari 2012

TIPS UNTUK YANG MAU BELAJAR PLAYSTATION 2 HARDISK

TIPS UNTUK YANG MAU BELAJAR PLAYSTATION 2 HARDISK

Tips inid saya bikin karena banyaknya member Cia – Cia Playstation (http://cia-ciaps2.blogspot.com/) yang banyak menanyakan bagaimana cara penggunaan software Playstation 2. Kebanyakan dari mereka melakukan kesalahan dalam pemahaman dan setting software tersebut, memang di http://cia-ciaps2.blogspot.com/ sudah di posting cara pake dan Installnya (step by step sebagian bahkan pakai gambarnya). Untuk mempermudah memperlajarinya di postingan ini akan coba saya urutkan system belajarnya berdasarkan tngkat yang sederhana dan terpenting, supaya tidak membingungkan dan tidak terputar putar mempelajarinya. Ok.
1. Pelajari Lebih dulu Bagaimana Cara Membooting Hdd Ps2 dengan CD Boot
Ini untuk yang Ps2 nya masih ada Optiknya, dan sebaiknya semua orang memahami ini dan tentu saja harus bisa. Proses ini merupakan mempersiapkan hdd supaya bisa dibaca oleh Ps2 yaitu dengan mengintsallkan file boot. Kenapa semua orang Ps harus bisa, ini biasanya menjadi andalan terakhir kalau seandainya kita gagal menginstall file boot dengan cara lain (kadang-kadang di instaal dg system lain gak mau/macet). Software dan cara installnya bisa anda download di site ini. Sebagai pemula lebih baik download CD BOOT yang siap pake saja, kalo mau bikin cd boot nanti saja bila sudah mahir, ok. Untuk hardisk baru sebaiknya diformat menggunakan mesin Ps2 dari pada pake software isi game.
2. Belajar Cara Mengisi / Install Game
Ada tiga software yang biasa untuk isi game, pilih salah satu atau bisa tiga-tiga untuk variasi/koleksi (semua bisa di download disini). Kebanyakan orang pilih yang WINHIIP lebih lengkap juga bisa untuk baiki hdd yang error (scan & restore).
Dengan dua tahap diatas anda sudah bisa, mengatasi permasalahan yang sering muncul di Playstation 2 Hardisk.
3. Belajar Membuat dan Memodifikasi File Boot.
Sedikit kita tingkatkan kemampuan kita untuk memiliki sendiri file boot (bukan cd boot), hanya satu file kalau cd boot terdiri dari beberapa file termasuk didalamnya ada file boot yang mau di instaklan. Sebenarnya kaluau membuat salah yaa…, memodifikasi file boot supaya tampilan di layer TV nanti sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa memasukan Alamat Rental kita, no Hp, dll. Usahakan anda selalu siap dengan satu file ini untuk membackup kalau tiba tiba Ps2 hdd anda tahu-tahu gak mau boot. File ini bisa juga di copikan MMC (praktis kalo file boot yang di hdd rusak/gak mau boot coba aja boot dg MMC kalau mau berarti file boot yang di hdd rusak harus diganti). dan Flashdisk. Pelajari juga bagai mana Membuat File Boot dg MMC dan Ngeboot dengan Flashdisk.
Saat ini Software Ps2 Hdd sudah makin canggih, gak usah mikirkan Optick Ps2 yang harganya selangit. Apalagi sudah susah untuk mendapatkan optick yang berkualitas bagus, dengan perkembangan software Ps2 hdd semua bisa berjalan dengan normal sekalipun anda tidak punya Ps2 optick. Syaratnya anda harus mengusai Softwarenya dan penggunaanya…Ok. Semua akan di kupas Tuntas di http://cia-ciaps2.blogspot.com asal anda rajin mengunjunginya.
4. Belajar Cara Menginstall File Boot Hasil Kreasi Kita ke Hdd Ps2
Setelah berhasil memodifikasi file boot sesuai dg kehendak kita, bahkan mungkin foto dan alamat anda juga sudah di masukan di gambar. Saatnya melihat hasilnya apakah sudah bisa Nampak dilayar TV anda. Cara memasang file boot hasil kreasi kta memang ada beberapa macam anatara lain dengan PSFexplorer, dengan mengganti file boot yang ada di CD_BOOT dengan file boot hasil kreasi kita (kemudian dibakar lagi ke CD), di save di flashdisk baru di copy paste ke Hdd, dll….sesuai mana yang anda kuasai dan praktis. Download caranya di site ini juga http://cia-ciaps2.blogspot.com/ . Ingat CD Boot bisa anda copy ke flashdisk dan dijalankan dr sini, bahkan juga bisa di MMC.
5. Belajar File Manager Ulaunch
Setelah empat point diatas anda kuasai selanjutnya adalah belajar menggunakan Ulaunch. Saran saya anda harus menguasai betul software ini, dr ulaunch ini kita bisa meload semua file yang ada di MCC, Flashdisk dan Hardisk(kecuali file gamenya). Intinya ini sama persis fungsinya dengan file manager Windows Explore, hanya tampilannya yg beda. Disini kita bisa menjalankan semua program Ps2 Hdd yang tersimpan di Flashdisk, MMC atauoun di Hdd seperti file boot, sms(MP3_player), CD_Boot yang tersimpan di falshdisk, Codebreaker, copy paste file boot(utk mengganti file boot.elf yang aktif/rusak di hdd) dll. Software dan cara Install dan cara pake juga bisa di download disini.
Ok….dech lima itu dulu nanti kalo mahir bisa di tingkatkan termasuk bagaimana cara pasang MOBCHIP upgradenya dan Perbaikan hardware yang sifatnya ringan.

2 komentar:

  1. asli aku bingung gan ..
    aku ada ps2 dan hardisknya rusak ,uda aku ganti hardis dan game uda aku copykan ,tp gag bisa booting ,pusing :)
    help me gan ..

    BalasHapus
  2. ps2ku biasanya aku bawa ke tukang servis untuk isi game, hingga kemarin aku putuskan untuk beli usb 2.0 to sata ide cable, dan aku download aplikasi winhiip v1.7.61 dan usbutil v2.0, cuma yang jadi masalah adalah kenapa hardisku tak terdeteksi di laptopku (os windows 7 ultimate,ram 2gb, intel core i3). sata ide cable-ku aku yakin masih bagus, karena tadi aku nekat minta tukang servis untuk isi game dengan sata ide cable-ku di bengkelnya dan ternyata berhasil.
    sebenarnya apa yang kurang? tolong kasih solusi dong, agar aku dapat mengisi game ps2ku dengan laptopku...

    BalasHapus